Metrotvnews.com, Brebes: Petani rumput laut Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak perlu susah lagi mengenai usaha mereka.

Pasalnya, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tegal bersedia menjalin kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat untuk pengembangan kluster rumput laut di daerah tersebut, khususnya di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes.
    
“Untuk pengembangan kluster rumput laut di Desa Randusanga Kulon memenuhi salah satu komoditas atau kluster yang sesuai kriteria, yakni penyumbang inflasi, orientasi ekspor, dan merupakan komoditas unggulan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, Bandoe Widiarto dalama acara pelatihan Kluster Rumpaut Laut (Gracillaria SP) di Hotel Dedy Jaya Brebes, Rabu (25/9).
    
Dia menyebutkan kluster rumput laut semakin kuat di Desa Randusanga Kulon. Hal ini senada dengan tema yang diusung yakni Penguatan kelembagaan dan administrasi kelompok.
    
Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes, Tandi mengatakan, kluster rumput laut Brebes saat ini memang perlu diperkuat lagi. Karena penguatan kelompok jelas akan lebih bagus daripada tidak berkelompok. Harapannya, kelak persoalan rumput laut Brebes bisa lebih bagus.

Editor: Edwin Tirani