Brebes Sukses Gelar 'Nonton Bareng Film Inspiratif'

Foto : (Liputan6.com/Julian)

Liputan6.com, Jakarta : Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi kota lanjutan yang disinggahi rangkaian kegiatan ‘Nonton Bareng Film Inspiratif 2013’. Tiga film box office Indonesia turut diputar, yakni Surat Kecil Untuk Tuhan, Hasduk Berpola dan Tampan Tailor.

Kegiatan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) yang diadakan pada Rabu (19/6/2013) ini berpusat di Auditorium Universitas Muhadi Setia Budi (UMUS) Brebes. Lokasi ini disulap sebagai bioskop karena Brebes merupakan salahsatu kota di Indonesia yang tidak memiliki gedung pertunjukkan film.

Dalam keterangan pers yang diterima pada Selasa (2/7/2013), acara yang bertema ‘Film Berkarakter, Inspirasi Kita’ ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Kemendikbud RI Dr. Bambang Indriyanto yang juga merupakan penggagas dari kegiatan ini. Dalam acara ini turut hadir anggota komisi X DPR Rohmani, MA yang berasal dari Brebes, serta Bupati Kabupaten Brebes Hj. Idza Priyanti , A.Md., S.E.

“Film tidak harus melihat kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan kultural bagi anak-anak dan bagi siapapun yang menilai yang menonton film. Sehingga film kita jadikan sebagai suatu media pembelajaran yang tidak terstruktur tapi ada misi yang ditransformasi yaitu misi nilai budaya dalam rangka pembentukan karakter,” kata Bambang Indriyanto.

Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan Dedi Dwitagama serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain Alit Chandra yang berprofesi sebagai Associate Producer dan artis cilik. Bangkit Prasetyo, yang bermain di film Hasduk Berpola.(Jul)