Brebes
foto:  Emi Latifah
Koranlokal.com, ( Brebes ) – Kepergian Emi Latifah sebagai guru di daerah Kinabalu, Sabah Malaysia mengingatkan kita pada era tahun 70-an. Saat itu, banyak sekali guru-guru dari Indonesia dikirim ke Malaysia untuk mengajar anak-anak Negeri Jiran akibat kekurangan tenaga pendidikan di sana.

Kali ini, Emi bukannya mengajar anak-anak Malaysia, tetapi terpilih menjadi tenaga pengajar anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang buta huruf. “Saya terpilih jadi relawan guru untuk anak TKI di Malaysia,” tutur Emi usai pamitan dengan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE di ruang kerja Bupati, kemarin.

Gadis kelahiran Brebes 20 Februari 1990 ini berhasil menyisihkan ribuan pelamar se Indonesia. Setelah melalui penjaringan dengan test tertulis dan psikotes dia masuk 100 besar. Akhirnya terpilih sebagai tenaga pengajar yang sekaligus duta Brebes bersama 15 orang lainnya se Indonesia. “Alhamdulillah, Saya bisa terpilih,” terangnya dengan wajah berseri.

Lulusan Tarbiyah Fak Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Syeh Nurjti Cirebon 2013 ini, berjanji selain mengajar juga akan mempromosikan Brebes dengan segala pernak-pernik keunggulannya. Apalagi, Brebes merupakan kantongnya TKI. Sehingga perlu dikabarkan kalau Brebes negeri yang elok dan memiliki keunggulan dan budi pekerja yang luhur.

Misi Emi bersama 15 rekannya itu mendapat pendampingin dari CSR Pertamina Foundatiion dengan tajuk ‘Sobat Bumi’. “Kami akan mulai tugas mulai Juli sampai Desember 2013,” terang Emi yang juga Pengurus Pusat bidang Kewirausahaan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Brebes.

“Intinya, disana kami akan mengajar kelas 1-3 SD utamanya Calistung dan misi kemanusiaan lainnya,” ujar anak pasangan Bapak Mas’ud dan Ibu Nurhayatun yang kini tinggal di Desa Jubang Rt 06/II No. 38 Bulakamba Brebes 52253.Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE mengaku bangga dengan terpilihnya Emi Latifah sebagai duta Brebes dalam program Sobat Bumi.

Ini menunjukan kalau wanita Brebes juga memiliki kemampuan skill yang tinggi tidak hanya otot. “Kemampuan Emi, menunjukan anak-anak Brebes memiliki skill yang luar biasa,” puji Bupati. Bupati berharap, keberangkatan Emi ke Malaysia sebagai relawan bisa menjadi daya dorong positif untuk kemajuan wanita Brebes khususnya dan pemuda-pemudi Brebes pada umumnya. “Saya salut, sukses untuk Emi dan remaja Brebes,” pungkasnya.

dikutip dari : brebesku.net
sumber: koranlokal