BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes dan Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, siap menggunakan Pertamax untuk mobil dinas apabila hal itu sudah menjadi ketentuan pemerintah pusat. Untuk menghindari pembengkakan biaya, kedua pemerintah daerah tersebut akan berupaya melakukan efisiensi.

Pelaksana Tugas Asisten I Pemkab Brebes Suprapto mengatakan, Pemkab Brebes akan penggunaan Pertamax sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat. Meskipun demikian, hingga saat ini, pemda belum mendapatkan perintah dan petunjuk penggunaan Pertamax bagi mobil dinas.

Untuk mengantisipasi lonjakan biaya bahan bakar minyak mobil dinas pasca-penggunaan Pertamax, Pemkab Brebes akan melakukan efisiensi. “Bentuk efisisensinya seperti apa, kami akan koordinasi dulu,” katanya.

Pemkot Tegal juga siap menggunakan Pertamax untuk mobil dinas apabila hal itu sudah menjadi ketentuan pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Kota Tegal Edi Pranowo mengatakan, Pemkot Tegal siap menganggarkan penggunaan Pertamax untuk mobil dinas sepanjang sesuai dengan aturan.

Menurut dia, pada tahun ini, Pemkot Tegal masih menganggarkan penggunaan Premium untuk mobil dinas. Volume Premiun yang diberikan bagi setiap mobil dinas adalah 5 liter per hari kerja. Oleh karena itu, jika mulai 1 Mei 2012 mobil dinas diwajibkan menggunakan Pertamax, penyesuaian anggaran akan dilakukan pada perubahan APBD tahun 2012.

Saat ini, kata Edi, Pemkot Tegal terus berupaya melakukan efisiensi dan mendukung upaya penghematan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat. Hal itu, antara lain, dilakukan dengan mengawasi penggunaan mobil dinas yang hanya boleh digunakan untuk kepentingan dinas.

–42M1–

sumber : kompas, 19 April 2012