Brebes – Sepanjang sekitar 10 meter, ruas jalan Ciregol di kecamatan Tonjong Brebes Jawa Tengah amblas sedalam 1 meter, menyusul hujan deras yang turun sejak semalam hingga Kamis pagi.

Selain itu, badan jalan juga mengalami retak-retak cukup lebar hingga ke bahu jalan. Akibatnya, jalur Tegal – Brebes – Purwokerto dan sebaliknya putus total. Sebab, jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Puluhan kendaraan berat seperti truk dan bus dari kedua arah terjebak, hingga menimbulkan kemacetan panjang. Padahal jalan Ciregol ini, belum satu tahun diperbaiki akibat amblas. Penyebab kembali amblasnya badan jalan, karena struktur tanah dikawasan ini relatif labil. Diperparah dengan banyaknya kendaraan bermotor bermuatan berat yang melintas.

Untuk memecah kemacetan, kendaraan besar yang belum terlanjur masuk ke wilayah Tonjong dialihkan melalui jalur utama Pantura. Sedangkan kendaraan dari arah Purwokerto, dialihkan melalui jalur selatan pulau jawa.

Kendaraan-kendaraan pribadi, dialihkan melalui jalur alternatif Karangjongkeng kota Mandala dan Tonjong. Pihak Bina Marga setempat saat ini, tengah melakukan pengurukan jalan yang amblas agar bisa dilalui kembali.

–42M1–
dikutip dari : indosiar.com Kamis, 8 Maret 2012