BAtik Salem dikenal dengan motif batik Brebesan, adalah saah satu motif batik dari Brebes, yang telah menjadi komoditas ekonomi warga deasa Bentar dan Bantarsari Kecamatan Salem.
Batik Brebesan saat ini sedang bersaing dengan daerah lain untuk mendapatkan pasar nasional maupun internasional.
Saat ini, batik salem telah menembus pasar nasional, bersaing dengan batik dari daerah lain. Untuk lebih meningkatkan peminat batik Brebesan tersebut, perlu dilakukan inovasi dalam motif batik, antara lain motif cicak dan buaya yang cocok diterapkan pada batik Brebesan. Hal ini mengacu pada aspek budaya dan bentuk pengembanganaspek seni batik.
Batik salem sudah memiliki berbagai motif seperti, motif kopi pecah, mangga, merak, ukel kangkung, sinar rantai dan sebagainya. Serta satu motif batik dari salem yang menggambarkan produk unggulan Brebes yaitu gambar bebek dan bawang merah, dalam sehelai kain. Gambar bebek menunjukkan penghasil telur asin dan gambar bawang merah yang merupakan salah satu produk unggulan yang menjadi lambang Brebes.
Motif baru tersebut sengaja dibuat sebagai sumbangsih untuk daerah Brebes. Sementara pemakai motif ini adalah PNS di berbagai instansi di wilayah Brebes.

–42M1–
Sumber : Wikipedia Indonesia