BREBES – Sebuah Sekolah Dasar di Brebes hangus terbakar. Yaitu Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat di Desa Pasar Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pada Rabu (19/10/2011) sekitar pukul 03.00, sekolah tersebut terbakar. Dugaan sementara api muncul karena terbakarnya matras yang tersepemped oleh obat nyamuk bakar.

Ruangan yang terbakar meliputi ruang UKS, ruang administrasi dan tata usaha (TU), ruang Kasek, serta sebagian ruang kelas II dan kaca ruang kelas III. Penaga pun turut menjadi korban, tangannya mengalami luka bakar dan keningnya terkena jatuhan kayu. Awalnya penjaga sekolah sedang tidur di ruang UKS, tiba-tiba melihat kobaran api yang telah menyambar beberapa bagian ruangan.

Penjaga sekolah sempat meminta bantuan warga di sekitar sekolah. Mobil pemadam kebakaran dari Brebes juga datang untuk memadamkam api.

Namun, proses pemadaman terkendala akses masuk sekolah yang tidak bisa dilalui mobil pemadam. Jarak rumah warga terdekat dengan sekolah juga jauh, sekitar 200 meter, karena sekolah itu berada di tengah areal persawahan, sumur kering, air penampungan juga kosong.

Akhirnya, api dapat dipadamkan sekitar pukul 04.30. Akibat peristiwa itu, kerugian sekolah diperkirakan mencapai Rp 200 juta. Selain menimbulkan kerusakan sekolah, kebakaran juga menghanguskan satu komputer administrasi, media pembelajaran siswa (buku dan CD), alat-alat rebana, serta sebagian naskah ujian tengah semester.

–42M1–