BREBES – Sekitar 18 titik di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rawan terjadi puting beliung. Masyarakat yang bermukim di wilayah perbatasan dataran rendah dan tinggi agar lebih waspada, terutama saat masa pancaroba seperti sekarang.

Wilayah yang dimungkinkan rawan puting beliung antara lain Kecamatan Ketanggungan, Bantarkawung, Larangan, Bandarharjo, dan Tanjung.

Pemerintah mengimbau kepada semua warga, baik yang bermukim di daerah rawan bencana puting beliung ataupun di daerah lainnya untuk menebang ranting pohon yang ketinggiannya melebihi tinggi kabel listrik yang melintas di sekitar rumah.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  Kota Tegal, Kaharudin, memprakirakan masa pancaroba di wilayah pantai utara (pantura) Jawa Tengah akan terjadi mulai Oktober hingga awal November, sehingga masyarakat harus mewaspadai terjadinya puting beliung, badai, dan petir

Dikabarkan sebagian wilayah Pantura Jateng, antara lain Kabupaten Brebes, Pemalang, Pekalongan, Kota dan Kabupaten Tegal pada Oktober-awal November diprakirakan masuk masa peralihan dari musim panas ke hujan, karena sekitar pertengahan November sudah memasuki musim hujan.

–42M1–