BREBES – Kekeringan yang terjadi di kabupaten Brebes mengakibatkan ratusan hektar sawah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dibiarkan tidak ditanami pemiliknya. Hampir semua sawah di kabupaten Brebes bagian utara, khususnya daerah pantura.
Menurut salah satu petani di desa Limbngan, petani tidak bisa memanfaatkan air dari sungai karena sungai di wilayah itu kering. Mereka juga tidak bisa memanfaatkan air sumur bor dengan menggunakan mesin pompa air karena air tanah asin akibat intrusi air laut, yang berjarak sekitar satu kilometer dari sawahnya.
Bila dipaksakan, tanaman yang terkena air asin akan mati atau tumbuh tidak optimal. Begitu pula sawah yang teraliri air asin, tingkat kesuburannya akan berkurang. Saat ini, kegiatan yang dilakukan petani adalah mempersiapkan olah tanam, seperti pembersihan gulma.
Sebagian petani yang memiliki modal memilih menyewa sawah dan bercocok tanam di wilayah lain, seperti Majalengka, Jawa Barat. Sementara petani yang tidak memiliki modal besar memilih menjadi buruh tani ke daerah lain (mengikuti petani pemilik modal) atau beralih profesi sementara sebagai tukang batu.
–42M1– sumber : kompas.com
SAWAH DIBIARKAN KERING