BREBES — Dua siswa salah satu SMP di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masing-masing berinisial AD dan AH, hingga Selasa (4/10) masih ditahan karena diduga menganiaya siswa SMP lain pada 24 September lalu.
Kepala Polsek Ketanggungan Ajun Komisaris Wagito, melalui Kepala Unit Reskrim Polsek Ketanggungan Aiptu Suryanto, mengatakan, saat itu korban yang bernama Aji Hidayat (kelas VII SMP) sedang menengok teman-temannya yang sedang mengadakan perkemahan di Lapangan Karangmalang, Ketanggungan.
Pada saat bersamaan, para pelaku yang duduk di kelas IX SMP juga datang menengok teman mereka yang sedang berkemah.
Diduga antara pelaku dan korban ada dendam lama. Meskipun korban sempat bersembunyi di tenda, pelaku mengetahuinya sehingga kemudian memukul korban dengan ranting daun petai China.
Polisi telah mencoba memediasi kedua pihak agar persoalan itu bisa diselesaikan secara damai. Namun, keluarga korban tetap bersikeras untuk melanjutkan proses itu ke jalur hukum. Selanjutnya, polisi menahan para pelaku karena khawatir melebar ke warga lain dan menimbulkan tawuran warga.
Wakil Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes Wijanarto mengatakan, pihaknya akan berupaya memediasi agar kedua pelaku tidak ditahan. Mereka masih berstatus siswa sehingga harus mendapatkan kesempatan untuk sekolah.
Dalam kasus itu, ujarnya, pelaku sebenarnya tidak harus ditahan dan diperlakukan seperti orang dewasa. Harapannya, pelaku yang masih berstatus siswa tersebut tidak mengalami trauma.
–42M1–
Dari Kompas dan berbagai sumber