Arus mudik di jalur pantura sampai H-5 lebaran sudah melampaui batas kemampuan jalan pantura. Banyak jalur alternatif yang digunakan oleh pemudik untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalur pantura. Di kabupaten Brebes sendiri,ada dua jalur alternatif yang digunakan, yaitu jalur jalur tengah melalui Ketanggungan ā€“ Slawi dan jalur selatan, melalui Ketanggungan – Prupuk.

Dari pintu keluar tol Pejagan, kendaraan langsung diarahkan menuju jalur alternatif Ketanggungan, baik yang tujuan Semarang ataupun Purwokerto.

Dialihkannya pemudik ke jalur alternatif yang rata-rata tidak dikenal oleh pemudik, membuat kebanyakan pemudik merasa kebingungan, khususnya di beberapa pertigaan dan perempatan tanpa informasi penunjuk arah yang jelas di desa-desa di jalur alternatif tersebut. Pemudik kerap bertanya kepada warga setempat yang berada di pinggir jalan untuk mencari tahu jalan yang tepat.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemudik yang melalui jalur alternatif tersebut kepada warga setempat adalah Arah menuju jalur Patura. Pasalnya, hanya jalur pantura yang sudah dikenal dan memiliki pentunjuk arah yang lebih jelas.

–42M1– Spesial Mudik 2011–