Bahaya kecelakaan sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Khsusnya di musim mudik seperti skarang ini. Kecelakaan terjadi bukan hanya karena kerusakan jalan yang ada, namun lebih disebabkan karena kelalaian pengendara. Baik karena mengantuk, kurang patuh dan memaksakan diri.

Mudik kali ini jatuh pada bulan Agustus, dimana cuaca sedang panas dan terapaan angin yang kencang membahayakan para pemudik.

Di kabupaten Brebes memiliki jalur utama dan jalur alternatif yang digunakan untuk ars mudik dan arus balik tiap tahunnya. Perlu di sadari dan diwaspadai, bahwa jalur mudik di kabupaten Brebes, meliputi jalur Pantura, jalur tengah Ketanggungan – Slawi dan jalur tengah Ketanggungan Purwokerto merupakan jalur yang melintas di tengah persawahan luas.

Di ketiga jalur tersebut, terpaan angin kumbang sangat kencang dan cuaca yang panas menyebabkan pengguna jalan kerap kesulitan menahan terpaan angin. Bukan hanya itu, terpaan angin kumbang yang datang dari selatan sering menyebabkan kecelakaan tunggal khususnya untuk para pengguna sepeda motor yang melintas di jalur tersebut.

Dihimbau untuk para pemudik khususnya pemudik dengan sepeda motor agar berhati-hati dan tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika dalam keadaan capai saat melintas di jalur mudik di kabupaten Brebes dengan terpaan angin dari samping, khususnya di jalur Ketanggungan – Slawi dan Ketanggungan – Prupuk.

–42M1–