Bulan Ramadhan atau bulan puasa, biasanya dikaitkan dengan bertambahnya berbagai keperluan. Misalnya saja daging. Keperluan daging di bulan Ramadhan lebih meningkat dibanding bulan-bulan biasa. Hal ini kerap menjadikan sejumlah agen meningkatkan harga daging dari harga normal. Ini disebabkan karena semakin berkurangnya pasokan daging dari agen, atau mungkin sebagai kesempatan untuk berbisnis agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Seperti di Kabupaten Brebes misalnya. Harga daging pada bulan Ramadhan cenderung naik dibandingkan bulan-bulan biasa. Hampir setiap tahun terjadi peningkatan harga, baik di awal Ramadhan, di pertengahan atau yang paling sering adalah menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Namun diberitakan di harian kompas (8/8) bahwa harga daging di pasaran Brebes pada bulan Ramadhan tahun ini sampai hari ke-8 Ramadhan, masih stabil dan belum terlihat peningkatan harga. Diperkirakan, harga daging di pasaran Brebes akan mulai meningkat pada minggu-minggu terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri.

–42M1–
Sumber Berita : Kompas, Senin, 8 Agustus 2011