Brebes – dua minggu menjelang bulan puasa, sejumlah pedagang telur asin di kabupaten Brebes, Jawa Tengah mulai menambah produksi telur asinnya. Mereka menambah jumlah telur bebek mentah yang nantinya akan diasinkan, untuk persiapan memasuki bulan puasa nanti.
Namun, saat ini pasokan telur bebek mentah masih belum stabil. Tingginya permintaan dan kurangnya produktifitas telur mentah, mengakibatkan terkendalanya pasokan telur mentah.
Rata-rata, para pedagang telur asin memproduksi 10.000 hingga 15.000 butir telur perhari. untuk mempersiapkan datanya bulan puasa, yang kemungkinan akan membeludaknya permintaan yang terjadi selama bulan puasa.
Selain dijual sendiri, sejumlah pedagang telur asin di Brebes memasok telur mentah siap rebus ke berbagai wilayah di Brebes, bahkan hingga ke Jakarta.
Harga telur bebek pangon (dihasilkan dari bebek yang diumbar atau tidak dikandang) mencapai Rp 1.500 per butir yang pada hari-hari biasa hanya Rp 1.400 per butir. Sedangkan untuk harga telur bebek ternak di kandang naik dari Rp 1.300 menjadi Rp 1.400 per butir.Harga telur asin mentah sendiri sekitar Rp 1.600 per butir, sedangkan harga telur asin matang sekitar Rp 1.800 hingga Rp 2.200 per butir, tergantung ukuran dan jenis pengolahannya.

sumber informasi : kompas.com, Senin, 18 Juli 2011.