Kemacetan panjang yang mengular mencapai 20 km terjadi di jalur pantura Brebes, Jawa Tengah sepanjang hari minggu kemarin, khususnya dari arah timur menuju Jakarta. Dari arah timur menuju Jakarta, kemacetan terjadi dari jalur pantura kali Gangsa perbatasan kota Tegal sampai dengan klampok, Brebes.

Sedangkan dari arah barat menuju Semarang, kemacetan terjadi mulai dari Kec. Wanasari hingga Brebes. Antrian kendaraan tidak hanya didominasi dengan kendaraan besar, namun juga kendaraan pribadi. Selain karena melonjaknya jumlah kendaraan yang terjadi, kemacetan juga disebabkan karena adanya sejumlah perbaikan jalan dan jembatan di jalur pantura di wilayah Brebes yang tidak kunjung usai. Perbaikan jembatan yang salah satunya adalah jembatan Bale Kambang, Brebes dan jembatan Kali Pemali Kota Brebes menjadikan kemacetan panjang tidak bisa dihindari di jalur pantura. Kondisi ini dikeluhkan oleh pengguna jalan karena mereka telah menunggu cukup lama.

Untuk menanggulangu kemacetan yang terjadi, petugas Satlantas Polres Brebes dikerahkan kesejumlah titik untuk melakukan sistem buka tutup. Namun hal ini tidak berpengaruh karena jumlah kendaraan yang sangat tinggi, sedangkan ruas jalan menyempit akaibat perbaikan pada jalan dan jembatan.

 

Sumber : Fokus 11 Juli 2011, Indosiar.