Masa Orientasi Siswa atau sering disebut dengan MOS, merupakan masa-masa awal sekolah, khususnya di tingkat SLTP dan SLTA. Selain MOS, masa perkenalan ini juga dikenal dengan MASINAL (masa siswa kenal) dan OSPEK (masa perkenalan kampus, yang diadakan di universitas atau tingkat perguruan tinggi.)Setiap tahun, hampir setiap sekolah mengadakan Masa Orientasi Siswa dan merupakan kegiatan rutin tahunan, menyambut siswa-siswa baru. Banyak kegiatan yang diadakan dan diselenggarakan di dalamnya. Dari mulai pengenalan lingkungan sekolah, perkenalan antar siswa, sampai kegiatan luar kelas seperti outbond, dll. Dan setiap sekolah, kegiatan yang diadakan berbeda-beda.

Di Brebes sendiri masa awal sekolah ini dikenal dengan MOS, seperti pada umumnya. Hampir semua sekolah khusunya SLTP dan SLTA bahkan perguruan tinggi mengadakan MOS dan OSPEK. Memang untuk beberapa SD dan TK juga mengadakan MOS, tapi tidak semua SD dan TK di Brebes mengadakannya. Tujuan daripada MOS itu sendiri berbeda-beda. Beberapa yang menjadi tujuan diadakannya acara tersebut seperti :

–          Mengenalkan kepada Siswa baru tentang lingkungan sekolah, sistem pengajaran, kurikulum sekolah, dan bagaimana peraturan yang ditetapkan di sekolah tersebut.

–          Melatih mental siswa baru agar siswa dapat mandiri di dalam lingkungan sekolah khususnya dan di luar seklah pada umunya.

–          Mengajarkan kedisiplinan secara dini kepada siswa baru, dan beradaptasi dengan peraturan sekolah yang ada.

–          Melatih kekreatifan dan kerjasama antar siswa.

–          Dll.

Banyak keunikan-keunikan yang muncul saat MOS di Brebes, salah satunya adalah di SMA N 1 Kec. Larangan. Siswa baru di perintahkan oleh penyelenggara untuk  membuat topi dari kertas karton berbentuk topi sulap, atau membuat topi dengan bola plastik yang dibelah. Begitu juga saat kegiatan outbond, siswa baru menggunakan pakaian olah raga sekolah asalnya dengan kacamata hitam dan topi kreasinya, mencari jejak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh panitia dan kakak pembimbingnya. Tetapi, dalam MOS itu sendiri bukan hanya diwarnai dengan kegiatan-kegiatan luar kulas saja, namun ada juga kegiatan dalam kelas seperti diajarkan beberapa materi yang sekiranya penting untuk siswa baru.

Memang bukan hanya di SMA N 1 Kec. Larangan, kegiatan tersebut juga diagendakan oleh sekolah-sekolah di kabupaten Brebes, dengan keunikan dan ciri khas serta kekreatifan dari tiap sekolah yang berbeda. Terkadang penampilan aneh, unik, lucu, bahkan menggemaskan dari siswa baru yang sering mewarnai kegiatan-kegiatan MOS khususnya nampak saat kegiatan outbond.

Setelah diadakannya MOS ini, siswa diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah ditargetkan oleh sekolah, yang salahsatunya adalah dapat mengenal lingkungan sekolah.