Kecamatan Ketanggungan merupakan salah satu kecamatan paling strategis di kabupaten Brebes. Jalunya yang merupaka percabangan jalan menuju arah Timur dan Selatan, menjadikan Ketanggungan ramai pada waktu-waktu tertentu.

Berbagai transportasi menuju kedua arah tersebut (timur dan selatan) dapat ditemui di sepanjang jalan untama Ketanggungan.

Begitu pula dengan sarana transportasi melalui jalur kereta api menuju kebeberapa kota di selatan Jateng dan DIY. Jalur Kereta api antara Cirebon – Kroya tersebut, merupakan jalur selatan yang menghubungkan Jabar, Jateng dan DIY dan merupakan salah satu jalur kereta api terpadat di pulau Jawa.

Kabupaten Brebes sendiri mempunyai beberapa stasiun kereta api yang aktif dan digunakan untuk menaik turunkan serta bersilangnya kereta api. Beberapa stasiun yang ada meliputi Stasiun Ketanggungan Barat, Sta. Ketanggungan, Sta. Larangan, Sta. Songgom, Sta Linggapura, Sta. Bumiayu dan Kretek. Bereberapa stasiun tersebut digunakan untuk menaik turunkan dan bersilangnya kereta api, sebagian yang lain hanya digunakan untuk persilangan kereta api.

Stasiun Ketanggungan Barat merupakan stasiun merupakan stasiun paling barat di kabupaten brebes, setelah masuk jawa tengah. Kemudian stasiun Ketanggungan yang merupakan satsiun ke dua dari arah Jakarta di kabupaten Brebes setelah masuk Jawa Tengah. Kedua stasiun ini bukan hanya sebagai persilangan kereta api saja, namun digunakan untuk pemberhentian (menaik turunkan penumpang) kereta api, khususnya kereta api K3 (kels ekonomi) dan K2 (kelas bisnis dan eksekutif).

Kedua stasiun berkaitan dalam pemberhentian kereta api. Stasuin ketanggungan barat, dijadikan pemberhentian kereta api dari arah selatan seperti Yogyakarta dan Puwrokerto. Sedangkan Stasiun Ketanggungan, dijadikan pemberhentian kereta api dari arah barat seperti Jakarta dan Cirebon. Kebanyakan kereta api yang berhenti di Sta. Ketanggungan Brarat maupun di Sta. Ketanggungan, merupakan kereta api pada malam hari, dari kedua arah. Namun, kereta Gaya Baru Malam dan beberapa kereta bisnis dan eksekutif berhenti di siang hari.

Dua stasiun ini ramai oleh penumpang di setiap jam kedatangan kereta api, dari kedua arah.